SEJARAH PENERBANGAN GARUDA INDONESIA
Tepat pada tanggal 26 Januari 1949 – pesawat RI-001 Seulawah diterbangkan dari Calcutta, India menuju Rangon, ibukota Burma sebagai penerbangan niaga. Untuk mengabadikan dan mengenang misi komersial yang dilaksanakan oleh Seulawah tersebut, kemudian peristiwa itu diperingati sebagai hari lahirnya Garuda Indonesia, yang ketika itu bernama Indonesian Airways, maskapai penerbangan komersial pertama yang mengudara membawa bendera Republik Indonesia.
Pada tanggal 1 Maret 1950 Garuda Indonesia baru dapat beroperasi dengan sejumlah pesawat yang diterima pemerintah Republik Indonesia dari perusahaan penerbangan KLM.
Armada Garuda Indonesia yang pertama untuk melayani jaringan penerbangan di dalam negeri terdiri dari 20 pesawat DC-3/C-47 dan 8 pesawat jenis PBY – Catalina Amphibi. Untuk melebarkan sayapnya, Garuda kemudian mengadakan pembaruan armadanya untuk melayani penerbangannya. Jaringan penerbangan Garuda Indonesia diperluas meliputi seluruh wilayah Republik Indonesia kecuali Irian Jaya sedangkan ke luar negeri menjangkau kota – kota seperti Singapura, Bangkok dan Manila.
Garuda semakin berkembang dan seluruh pesawatnya kemudian terdiri dari pesawat bermesin jet. Kekuatan armadanya berturut – turut ditambah dengan tipe – tipe pesawat seperti DC-10, MD-11, Boeing 747, 737, Airbus 300 dan Airbus 330.
Kegiatan Garuda lainya adalah mengangkut ribuan jemaah haji setiap tahunnya. Selain itu Garuda Indonesia juga merupakan sarana angkutan bagi kunjungan resmi kepala negara ke berbagai negara.
Sebagai perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa nasional, Garuda Indonesia berjuang sekuat tenaga dalam menegakkan citra bangsa dan negara melalui pelayanannya. Kini jaringan penerbangan Garuda telah menjangkau seluruh wilayah Republik Indonesia, sedangkan ke luar negeri meliputi kota – kota di benua Asia, Australia dan Eropa.
POSISI PENERBANGAN GARUDA INDONESIA SAAT INI
Secara pasti, dalam lima tahun ini (2005-2010), Garuda Indonesia menunjukkan capaian pelaksanaan program transformasi di seluruh lini perusahaan, mulai dari operasional, bisnis, manajemen, hingga pelayanan.
Saat ini, Garuda merupakan satu-satunya maskapai nasional yang disegani di ASEAN karena memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa transportasi udara. Posisi teratas ini dibuktikan dari hasil survei yang dilakukan Center for Asia Pacific Aviation (CAPA) pada 2010. Garuda dinobatkan sebagai maskapai penerbangan teratas di ASEAN.
CAPA merupakan lembaga survei independen penerbangan di Asia Pasifik. Hasil kesimpulannya juga mengacu pada hasil survei Skytrax. Cakupan survei CAPA meliputi kenyamanan penumpang, kualitas makanan, pelayanan awak kabin, pelayanan di darat, dan nilai selama penerbangan (perbandingan tarif dengan manfaat yang diperoleh penumpang).
Hasilnya, Garuda meraih nilai tertinggi (8,48) di antara maskapai bintang 4 Skytrax di kawasan Asia Tenggara menyisihkan Thai Airways (8,40) dan Bangkok Airways (7,32). Menurut CAPA, keramahan dan pelayanan awak kabin Garuda mendapat pujian terbanyak dari penumpang. Hidangan makanan/minuman di Garuda juga lebih unggul dibanding maskapai lainnya. Garuda juga dinilai unggul dengan jaringan rute domestik dan bisa tetap memberikan pelayanan terbaik di penerbangan berdurasi 50 menit, selain disenangi karena memiliki armada terbaru.
Terkait hal ini, pemerhati dan pakar hukum penerbangan Kemis Martono mengatakan, transformasi Garuda tidak lepas dari keberanian jajaran direksi dalam melakukan terobosan, khususnya terkait program peremajaan armada dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Peremajaan armada yang dilakukan sejak 2005 membuat penerbangan Garuda lebih aman dibanding maskapai lainnya.
Keberhasilan Garuda memperoleh pengakuan dari sejumlah organisasi penerbangan dunia bukan sekadar terkait pencitraan, melainkan juga lebih pada kemampuan melakukan perbaikan. Dalam bisnis maskapai penerbangan sipil, sedikit kesalahan bisa mendapat sorotan dari banyak pihak.
VISI MISI PENERBANGAN GARUDA INDONESIA
Visi Perusahaan :
‘Perusahaan Penerbangan Pilihan Utama di Indonesia dan Berdaya Saing di Internasional’
Misi Perusahaan :
• Melaksanakan usaha jasa angkutan udara yang memberikan kepuasan kepada pengguna jasa yang terpadu dengan industri lainnya melalui pengelolaan secara profesional dan didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi tinggi.
• Menghasilkan keuntungan dengan jaringan domestik yang kuat untuk terus meningkatkan pangsa pasar domestik dan internasional bagi usahawan, perorangan, wisatawan dan kargo termasuk penerbangan borongan.
• Memiliki bisnis unit yang mendukung produk inti untuk meningkatkan keuntungan serta menghasilkan pendapatan tambahan dari usaha unit pendukung tersebut.
ANALISIS TOWS MATRIX GARUDA INDONESIA
KSF INTERNAL
S=KEKUATAN
- On time performance
- Service yang cepat dan memuaskan
- Dibandingkan dengan perusahaan penerbanan domestik lainnya, keamanan
penerbangan Garuda paling terjamin
- Memiliki business unit yang mendukung aktivitas perusahaannya
- Memiliki SDM yang qualified (kompeten)
W=KELEMAHAN
- Biaya operational yang tinggi menyebabkan harga tiket pesawat cukup tinggi diantara
penerbangan domestik lainnya
- Tingginya tingkat KKN di dalam perusahaan yang dapat merugikan perusahaan
- Garuda mempunyai utang yang sangat banyak
O=PELUANG
- pasar penerbangan internasional yang masih sangat luas
- meningkatnya kebutuhan masyarakat atas alat transportasi yang lebih cepat
S-O
Dengan menambah armada pesawat dan mulai membuka rute ke beberapa negara tetangga lainnya yang sering dikunjungi masyarakat indonesia W-O
Berusaha menekan harga serendah mungkin agar dapat terjangkau bagi kalanngan masyarakat serta mengawasi keuangan perusahaan.
T=ANCAMAN
- Kompetitor yang semakin banyak dengan harga tiket yang kompetitif
- Kondisi sosial politik yang tidak menentu (misal : ancaman bom)
- Penurunan nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS
S-T
Lebih memantapkan posisinya sebagai perusahaan penerbangan terbesar dan terpercaya di Indonesia melalui service yang berkualitas baik sebelum maupun saat penerbangan W-T
Mulai mempertahankan pangsa pasarnya dari banyak nya competitor baru dengan cara melakukan persaingan harga dengan seketatnya serta pemberian layanan yang membedakannya dengan perusahaan penerbangan lainnya
ANALISIS MODEL KOMPETITIF PORTER
Pesaing Tradisional
Garuda memiliki salah satu atau internasional kompetitor lokal yang mengoperasikan rute yang sama dengan mereka. Contoh untuk pesaing lokal Merpati Airlines, Air Asia Indonesia, Bouraq Airlines. Contoh untuk kompetitor lokal Merpati Airlines, Air Asia Indonesia, Bouraq Airlines.
Untuk pesaing internasional Malaysian Airlines, Air Asia Malaysia, China Airlines, Korea Airlines, Thai Airways, KLM, Untuk pesaing internasional Malaysia Airlines, Air Asia Malaysia, China Airlines, Korea Airlines, Thai Airways, KLM,
Pemain Baru Di Pasar
Di benak penumpang, maskapai penerbangan terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu pemain lama seperti Garuda, Merpati, dan Mandala; serta pemain baru seperti Lion Air, Jatayu, Adam Air, dan Batavia Air. Pemain lama memiliki citra dapat dipercaya, lebih prestisius, dan merek yang direkomendasi. Sementara pemain baru terutama dicirikan oleh harganya yang murah. Pemain baru, khususnya Batavia Air, juga dipersepsikan banyak beriklan dan berpromosi.
Produk dan jasa pengganti
Dunia saat ini tren pasar bergerak sangat. Karena krisis ekonomi, sekarang orang lebih disukai untuk bepergian dalam jangka pendek lebih dari jangka panjang. Orang pendek berarti jarak yang melakukan perjalanan di daerah di seluruh negeri. jadi banyak orang terkadang memilih untuk menaiki transportasi laut maupun darat, selain karena jarak yang ditempuh cukup dekat dan biaya murah juga menjadi faktor yang menentukan.
Pelanggan
Pelanggan atau target pasar Garuda Indonesia Indonesia are very wide spread. tersebar sangat luas. Untuk pasar lokal, Garuda memiliki segmen tidak. Setiap orang bersedia membayar dan memilih Garuda sebagai pembawa mereka.. Tetapi di pasar internasional, Garuda telah benar-benar tergantung dengan orang-orang pemerintah, pengusaha dan juga pekerja Indonesia / buruh. Mereka belum menyentuh pasar pelajar, meskipun segmen ini merupakan pasar yang sangat potensial bagi mereka karena banyak studi mahasiswa Indonesia di luar negeri.
Pemasok
Pemasok pada PT. Garuda Indonesia diseleksi berdasarkan daya saing, fleksibilitas, inovasi dan kekuatan pada penerapan solusi yang dikembangkan, perusahaan mencari bisnis yang mampu dan mempunyai keinginan serta niat baik untuk berbagai tanggung jawab dalam melakukan usaha untuk mengembangkan tingkat kualitas dan layanan dengan biaya terjangkau, keterikatan pemasok terhadap penawaran perusahaan selanjutnya ditindaklanjuti dengan proses pengiriman proposal oleh para pemasok.
PROSPEK INDUSTRI PENERBANGAN
Berdasarkan sejarah, industri penerbangan menunjukan perjalanan dengan transportasi udara saat ini menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat dunia dibanding dengan masa lalu. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah penumpang yang mencapai lebih dari 2,5 miliar orang dan sekitar 50 juta ton muatan yang menggunakan trasnportasi udara setiap tahunnya. Mengenai dampak pada lingkungan yang dihasilkan industri penerbangan, laporan tersebut mengemukakan bahwa industri ini tetap mencari keseimbangan dengan menekankan keuntungan yang disumbangkannya yang didapatnya bagi masyarakat di seluruh dunia.
Industri penerbangan saat ini menyumbangkan sekitar dua persen emisi CO2 buatan manusia di seluruh dunia yang menurutnya tidak akan melebih tiga persen hingga 2050.
Mengenai 80 persen kontribusi gas rumah kaca dari industri ini dari penerbangan jarak jauh yang mencapai 1.500 kilometer sampai saat ini masih belum ditemukan alternatif penggantinya.
Namun menurunnya angka penurunan pertumbuhan industri penerbangan yang berdampak cukup besar pada lapangan pekerjaan, pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sosial, belum tentu akan berdampak pada penurunan emisi.
PERMASALAHAN STRATEGI PT.GARUDA INDONESIA
Garuda Indonesia merupakan salah satu contoh perusahaan penerbangan dimana TI dan Internet diterapkan untuk meningkatkan daya saingnya, yang berarti pula meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan yang akhirnya dapat menciptakan loyalitas pelanggan terhadap maskapai penerbangan ini. Tak dapat dipungkiri, berbagai aplikasi yang diterapkannya, seperti ERP (Enterprise Resource Planning), terbukti mampu meningkatkan kinerja dan daya saingnya.
Saat ini, Garuda Indonesia bahkan telah menerapkan aplikasi proses pengadaan secara online (e-Procurement), dan IT Service Management. Selain itu Garuda juga melakukan lelang real-time online (e-Auction) yang di akhir tahun 2006 mendapatkan penghargaan “E-Procurement & E-Auction Award” kategori ‘application of B2B’ dari Kementrian Negara BUMN.
Perusahaan ini pun sejak Mei 2006 telah (mulai) menerapkan e-ticketing sesuai dengan ketentuan IATA bahwa semua airlines yang menjadi anggota IATA harus sudah menerapkan sistem e-ticketing secara menyeluruh pada akhir bulan Mei 2008.
Bagi Garuda Indonesia, transformasi melalui pemanfaatan teknologi menjadi sangat berarti; selain karakteristik industri penerbangan yang padat teknologi juga industri ini penuh dengan tuntutan akan inovasi dalam meraih keunggulan bersaing (competitive advantage).
Dalam kaitan ini pula, dua dari direktur / figur Board of Directors yang baru (Direktur Strategi & Teknologi Informasi dan Direktur Keuangan) yang ditetapkan Kantor Kementrian BUMN dan Komisaris, terdapat direktur yang khusus menangani strategi dan teknologi informasi, agar pengembangan strategi Garuda Indonesia ke depan dapat didukung oleh teknologi informasi yang lebih sophisticated , sejalan dengan tuntutan lingkungan industri yang dinamis dan kompetitif dewasa ini.
Kiranya ini memberikan manfaat tersendiri bagi Garuda mengingat secara langsung kita dapat berbagi pengalaman dan transfer of knowledge di bidang teknologi informasi dari penerapan di berbagai perusahaan terkemuka, yang pada akhirnya diharapkan dapat membantu Garuda Indonesia untuk memiliki keunggulan bersaing melalui inovasi dan pengembangan sistem dan teknologi informasi yang tepat untuk peningkatan strategi bisnis yang kompetitif.
PERMASALAHAN STRATEGI INDUSTRI PENERBANGAN
Kualitas pelayanan keselamatan dalam penerbangan merupakan pelayanan yang sangat penting untuk diwujudkan oleh perusahaan jasa penerbangan. Karena pelayanan merupakan ujung tombak dalam usaha di bidang jasa. Kualitas tingkat keselamatan merupakan bagian utama dari strategi perusahaan penerbangan dalam rangka meraih keunggulan yang berkesinambungan berkaitan dengan harapan konsumen. Bagi perusahaan jasa kualitas penampilan pelayanan perlu ditawarkan atau dibuktikan untuk diketahui oleh masyarakat, dengan jalan memberikan jaminan keselamatan penumpang dalam penerbangan sehingga pengguna jasa dapat memberikan citra kualitas pelayanan yang positif pada perusahaan. Citra kualitas pelayanan yang positif dari pengguna jasa berarti pelayanan yang ditawarkan perusahaan dapat diterima dan sesuai dengan harapan pengguna jasa atau masyarakat.
Pengguna jasa yang merasa puas akan pelayanan yang diberikan perusahaan dan mendapatkan rasa aman dan kepercayaan berarti perusahaan jasa memperhatikan kepentingan pelanggan. Pengguna jasa menginginkan tingkat keselamatan yang terjamin dengan pelayanan yang baik dan merasakan kepercayaan dalam perjalanan. Untuk itu, perusahaan berusaha memenuhi harapan pengguna jasa dengan memberikan suatu kepercayaan kepada pelanggan. Saat ini banyak ditemui iklan- iklan dari perusahaan angkutan yang menawarkan harga diskon kepada calon penumpang. Tujuan dari pemberian harga diskon ini sudah pasti untuk menarik minat konsumen dalam menggunakan jasa angkutan, baik darat, laut, ataupun udara. Sebelum para konsumen memilih dan menentukan alternatif pilihan yang berdasarkan harga tiket akan timbul persepsi yang positif ataupun negatif dalam diri konsumen masing - masing.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi ketertarikan penumpang pada transportasi udara.
Berkurangnya konsumen pemakai jasa angkutan pesawat terbang membuat pihak perusahaan pesawat terbang mengambil langkah secara bijak dengan memberikan tiket harga pada masyarakat umum diharihari tertentu seperti hari lebaran, tutup tahun, atau liburan sekolah, dapat juga potongan harga tersebut diberikan pada pelanggan setelah pelanggan mempergunakan angkutan udara dalam jumlah hitungan yang banyak diberi tiket untuk satu kali perjalanan.
Dampak tiket yang murah dalam dunia penerbangan tidak semata-mata memberikan segi keuntungan bagi para penumpang pesawat, namun implikasi juga berpengaruh pada kualitas pesawat dan keselamatan dalam penerbangan. Banyak diberitakan di media cetak ataupun di media elektronik tentang kecelakaan dalam sarana tranportasi udara.
Maka intinya dari masalah strategi jasa penerbangan adalah :
1. Harga tiket yang murah/terjangkau dari masyarakat menengah ke atas atau bawah.
2. Keamanan dan keselamatan pengguna di dalam pesawat.
3. Waktu yang sesuai dengan jadwal penerbangan.
KESIMPULAN
Garuda Indonesia sebagai salah satu perusahaan penerbangan yang pertama kali muncul dan terbesar di Indonesia terus melakukan pembenahan terutama dalam hal pelayanan, apalagi sekarang banyak bermunculan perusahaan competitor lain dengan promosi dan penawaran harga yang lebih murah, dan hal ini mau tak mau juga memperngaruhi perusahaan garuda Indonesia untuk dapat terus berinovasi salah satunya dengan cara membuka rute penerbangan ke beberapa Negara.
Selain itu perusahaan dituntut harus dapat menyelesaikan permasalahan internal maupun eksternal perusahaan, misalnya KKN yang terjadi dalam perusahaan, dan masalah eksternal lainnya berupa jaminan keamanan. Oleh karena itu perusahaan berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik dibandingkan competitornya misalnya dengan memberikan asuransi bagi pengguna maskapai garuda Indonesia.
Rabu, 29 Desember 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
3 komentar:
Tks infonya
assalamu alaikum wr.wb
saya ingin
mengucapkan terima kasih
banyak kepada AKI WIJOYO atas nomor
togelnya yang kemaring
AKI kasi yaitu “3846’’?
alhamdulillah itu benar2
tembus AKI dan berkat
bantuan AKI WIJOYO
saya bisa melunasi semua
hutan2 keluarga saya dan
bukan hanya itu AKI
alhamdulillah sekarang
saya sudah bisa membuka
usaha sendiri untuk
mencukupi kebutuhan
keluarga saya sehari2 itu
semua berkat bantuan AKI
WIJOYO. sekali lagi
makasih banyak yah AKI…
yang ingin merubah nAsib
seperti saya hubungi AKI
WIJOYO diNMR
(((_0823_4666_8257_))) dijamin
100% pasti tembus karna
saya sudah melihat
buktinya 5x berturut2 tembus
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★★★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★★★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
Untuk yang lagi galau, yang lagi bosan tidak tahu mau ngapain,
tenang,,sekarang ada yang akan menghibur kalian sekaligus
mengisi hari-hari kalian dengan games" online yang pastinya tidak akan
mengecewakan kalian deh...
yuk ikutan gabung bersama Pesonasaya.com
Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,3 - 0.5% / Hari
Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup
* Minimal deposit hanya Rp 20.000
* Minimal tarik dana Rp 20.000
* Dilayani oleh CS profesional dan ramah
* 24 jam online
* Proses Depo & WD super cepat
* No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
* kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.
Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24 Online Setiap hari melalui :
* PIN BBM : 7A996166
* WA : +85511817618
Salam Sukses Pesonaqq.com
Posting Komentar